10 November 2008

Kompetisi Sepak Bola Karang Taruna Kosambi

Minggu, 17 Agustus 2008




Sebagai Salah satu Organisasi Kepemudaan, Karang Taruna sudah cukup lama dikenal kerap mengisi acara-acara yang berkaitan dengan peringatan hari besar nasional. Momentum Peringatan Hari Kemerdekaan merupakan salah satu hal yang paling banyak menjadi perhatian Karang Taruna. Hampir dipelosok negeri, Karang Taruna selalu menjadi penyelenggara peringatan hari kemerdekaan. Pada Perayaan HUT RI yang ke 63 ini, Karang Taruna diberbagai tempat juga selalu sibuk menyelenggarakan aneka kegiatan, dari mulai penyelenggaraan upacara bendera sampai menggelar berbagai perlombaan.

Karang Taruna Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang salah satu diantaranya. Sejak sebulan menjelang hari kemerdekaan, Karang Taruna Kec. Kosambi telah memulai penyelenggaraan kompetisi sepak bola antar klub se- Kec. Kosambi. Puncak acara pertandingan final dilaksanakan tepat pada tanggal 17 Agustus 2008. Dalam pertandingan penetuan tersebut, Panitia juga menyuguhkan hiburan berupa penampilan group band yang dimainkan oleh anggota Karang Taruna.

Bendahara Karang Taruna Provinsi Banten Andika Hazrumy yang diundang oleh panitia untuk menutup acara final itu datang kelokasi pertandingan sekitar pukul 4 sore. Kedatangan Andika bersama rombongan langsung disambut oleh Ketua Karang Taruna Kec. Kosambi, Maksum Jamil, S.Kom beserta jajaran pengurus lainnya. Pada kesempatan itu hadir juga seluruh ketua karang taruna tingkat desa se- Kec. Kosambi. Disamping jajaran Karang Taruna, Andika juga disambut oleh unsur muspika dan Babinsa setempat.

Saat pertandingan memasuki jeda istirahat, panitia mendaulat Andika Hazrumy untuk menyampaikan sambutan. Andika yang sore itu mengenakan kemeja merah putih mengatakan bahwa momentum peringatan hari kemerdekaan ini hendaknya dijadikan sarana untuk mengembalikan jati diri pemuda yang mengandung nilai-nilai kepekaan sosial sebagaimana telah ditanamkan oleh para pendiri negeri ini.

Menurut Andika, sebagai generasi muda unggulan, anggota karang taruna harus memiliki kegigihan, semangat yang tinggi serta senantiasa bersikap konsisten. "Kita harus belajar dari pepatah latin yang mengatakan bahwa air yang melubangi batu bukan disebabkan oleh kekuatannya, tapi karena ia jatuh pada tempat yang sama secara berulang-ulang" Demikian tegas Andika yang disambut tepuk tangan pengunjung yang memadati lapangan sepak bola Kosambi Barat itu.

Lebih lanjut Andika mengatakan, untuk dapat menjadi generasi yang unggul, setidaknya karang taruna harus membekali diri dengan kemampuan dalam hal: Kepedulian Sosial, Pengetahuan dan keterampilan, Kemampuan mengelola perekonomian, Kondisi fisik dan jiwa yang sehat serta Kemampuan untuk menjalin kemitraan.

"Untuk mempersiapkan kemampuan itu semua, generasi muda bisa mengasah dirinya melalui wadah Karang Taruna. Karang Taruna memiliki nilai lebih karena fokus utama kegiatannya adalah mengembangkan Nilai-nilai kepedulian sosial pada setiap pemuda melalui kegiatan-kegiatan yang bermanfaat bagi lingkungan sekitar" papar Andika.

Setelah menyampaikan sambutan, Andika juga memberikan bantuan berupa uang pembinaan kepada Karang Taruna. Sebelum meninggalkan lokasi pertandingan, Andika Hazrumy menyempatkan diri untuk menyaksikan sisa babak kedua pada pertandingan final itu. Ketua Karang Taruna Kosambi, Maksum Jamil menyatakan kebanggaannya atas kemunculan figur karang taruna dalam bursa calon anggota DPD pada pemilu 2009 mendatang. "Bung Andika merupakan icon karang taruna, sudah sepantasnya jika seluruh kekuatan karang taruna di propinsi banten ini mendukung beliau, dan kami karang taruna kec. kosambi telah bertekad untuk memenangkan suara bung andika di kec. kosambi pada pemilu 2009 nanti" tegas Maksum yang diamini oleh pengurus lainnya.

Menjelang pukul 6 sore, Andika beserta rombongan pun berpamitan karena masih ada acara yang harus dihadiri. Saat hendak meninggalkan lokasi, puluhan pengurus karang taruna kembali menunjukkan kecintaannya pada Andika, dengan menggunakan beberapa sepeda motor, mereka mengawal Andika sampai ke perbatasan antara kosambi dan bandara soekarno hatta.